Image of Manajemen sekolah unggul

Text

Manajemen sekolah unggul



Buku ini akan membahas tentang bagaimana penerapan manajemen sekolah unggul di beberapa SMA di Provinsi Sumatera yaitu di SMA yaitu SMA Negeri yang mewakili daerah Barat (Kabupaten Mandailing Natal), mewakili daerah Tengah (Kabupaten Tapanuli Tengah), dan mewakili daerah Selatan (Kabupaten Tapanuli Selatan). Adapun sekolah-sekolah tersebut adalah: 1) SMA Negeri 2 Plus Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, berdirinya diprakarsai pemerintah daerah yang merupakan SMA Negeri percontohan di Kabupaten Mandailing Natal. 2) SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah yang diprakarsai dua tokoh utama yaitu TNI. Purn. Faisal Tanjung, dan Ir. Akbar Tanjung dengan yayasan Matauli. Sekolah ini juga memiliki kerjasama dengan yayasan Matauli. 3) SMA Negeri 2 Plus Martabe Sipirok Tapanuli Selatan yang diprakarsai oleh TNI, Purn. Rajainal Siregar. Sekolah ini juga memiliki kerja sama dengan yayasan Martabe.
Buku ini menjawab tentang bagaimana fungsi manajemen dilaksanakan dan bagaimana penerapannya dalam membentuk perilaku keagamaan siswa-siswi. Pengelolaan program pendidikan didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan, pasal I ayat 1 menjelaskan “setiap satuan pendidikan wajib memenuhi standar pengelolaan pendidikan yakni mencakup: (1) perencanaan program, yang terdiri dari misi, visi dan tujuan, rencana kerja; (2) pelaksanaan yang meliputi: pedoman, kurikulum, kalender, struktur, pembagian tugas, peraturan/tatatertib, biaya, bidang tenaga pendidik dan kependidikan, kesiswaan; sarana dan prasarana, (3) Pengawasan dan evaluasi terdiri dari: program pengawasan, evaluasi diri, evaluasi KTSP/kurikulum, evaluasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dan akreditasi; (4) kepemimpinan, meliputi: tanggung jawab penegelolaan, dan peran kepemimpinan; (5) sistem informasi manajemen; (6) evaluasi.
Bila dilihat kajian teoritis yang berbicara tentang sekolah unggul, bahwasanya sekolah unggul bertujuan untuk menghasilkan keluaran pendidikan yang memiliki keunggulan-keunggulan dalam: (1) kualitas dasar yang meliputi daya pikir, daya kalbu, dan daya pisik, (2) kualitas instrumental yang meliputi penguasaan ilmu pengetahuan (lunak dan keras termasuk terapannya yaitu teknologi, kemampuan berkomunikasi, dan sebagainya, dan (3) kemampuan bersaing dan bekerjasama dengan bangsa-bangsa lain.
Selain itu, sekolah unggul juga ditujukan untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan/kompetensi kunci untuk menghadapi era regionalisasi/globalisasi, yaitu: (1) memiliki kemampuan dasar yang kuat dan luas, (2) mampu mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakan data dan informasi, (3) mampu mengkomunikasikan ide dan informasi. Pengembangan sekolah unggul harus dilakukan secara kolektif sehingga perlu melibatkan stakeholders dalam pendidikan, baik politikus, birokrat (terutama Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota), akademisi, praktisi, tokoh masyarakat, orangtua siswa, dan sebagainya. Lebih lanjut akan dibahas dalam buku ini.
Demikian yang dapat disampaikan penulis. Semoga buku ini dapat menjadi salah satu dari banyaknya buku yang mengkaji tentang Manajemen Sekolah Unggul, sumber informasi dan pendalaman kembali keilmuan kita sebagai seorang ilmuan yang tidak pernah bosan, yang tidak pernah lelah, yang selalu memompa semangatnya dan motivasinya untuk mencintai ilmu pengetahuan serta bermanfaat bagi civitas akademika dan masyarakat sacara umum.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Manajemen Sekolah
Penerbit Pustaka Maarif : .,
Deskripsi Fisik
Tinggi 24 cm, Lebar 15,5 cm, Jumlah Halaman 229
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-5863-00-4
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this