Image of Desain Pembelajaran Tata Kurikulum Efektif dan Efesien

Text

Desain Pembelajaran Tata Kurikulum Efektif dan Efesien



Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digu-nakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembela-jaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi dae-rah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kuri-kulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin rele-vansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, kete-rampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupa-kan keniscayaan.
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kom-petensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan an-tar semua jenjang pendidikan. Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pem-budayaan, dan pemberdayaan peserta didik agar mampu dan mau belajar yang berlangsung sepanjang hayat. Kuri-kulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pen-didikan formal, nonformal, dan informal dengan memper-hatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuh-nya.
Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik yang berjiwa kewira-usahaan dan mempunyai kecakapan hidup. Oleh sebab itu, kurikulum perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja. Hal ini sangat penting terutama bagi satuan pendidikan kejuruan dan pe-serta didik yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat berbasis pengetahuan di mana IPTEK sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan. Pendidikan harus terus menerus melakukan adaptasi dan penyesuaian perkembangan IPTEK sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. Oleh karena itu, kurikulum harus dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Demikian yang dapat disampaikan penulis. Semoga buku ini dapat menjadi salah satu dari banyaknya buku yang mengkaji tentang Desain Pembelajaran, sumber informasi dan pendalaman kembali keilmuan kita sebagai seorang ilmuan yang tidak pernah bosan, yang tidak pernah lelah, yang selalu memompa semangatnya dan motivasinya untuk mencintai ilmu pengetahuan serta bermanfaat bagi civitas akademika dan masyarakat sacara umum.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Desain Pembelajaran
Penerbit Pustaka Maarif : Kota Jambi.,
Deskripsi Fisik
Tinggi 24 cm, Lebar 15,5 cm, Jumlah Halaman 204
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-50299-2-9
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this